Oleh: yukichiitria | Mei 5, 2011

PUTRI YANG DIKURUNG

Title : PUTRI YANG DIKURUNG

Theme : Comedy , Adventure

Players : 7 people

Language : Indonesian

Run time : 21 minutes

Sample of Simple Drama Script in Indonesian for 7 players (comedy + adventure) <—> Contoh Naskah Drama Bahasa Indonesia Sederhana untuk 7 pemain (komedi + petualangan)

PUTRI YANG DIKURUNG
Tema    : Komedi + petualangan
Pemain : 7 orang
Penokohan :
- Raja : bijaksana , tegas , berwibawa
- Ratu : baik hati
- Putri : baik hati , ramah
- Patih : penghianat
- Perempuan jahat : jahat , kejam , pendendam ,
- Ksatria 1 : pantang menyerah , tangguh , Ksatria , kampungan, lebay
- Ksatria 2 : pendiam , pintar , Ksatria , tangguh , pantang menyerah
- Ksatria 3 (wanita) : tomboy , pantang menyerah , tangguh , Ksatria .

Cerita singkat :
Alkisah, di suatu kerajaan hiduplah sepasang raja dan ratu . mereka mempunyai seorang putri yang bernama Putri Sumberella ketika pesta ulangtahun putri yang ke 14 sedang diadakan , Perempuan jahat yang jahat nan kejam pun datang untuk membalaskan dendamnya kepada raja dan ratu . ternyata yang menjadi sasarannya kali ini adalah putrinya . dia mengurung putri di suatu penjara yang disebut penjara iblis , konon katanya barang siapa yang masuk ke penjara itu , dia takkan pernah keluar lagi kecuali dia menemukan kunci yang bertabur berlian untuk membuka penjara itu . sampai sekarang tidak ada satupun orang yang bisa menemukan kunci itu . raja dan ratu sangat sedih dan putus asa. Disamping itu , orang yang menjadi patih raja itu sebenarnya adalah anak buah nenek sihir yang menyamar.
Suatu hari , datanglah 2 orang laki2 dan seorang wanita Ksatria ke hadapan raja . mereka berjanji untuk mencari kunci berlian itu dan mengeluarkan putri dari penjara iblis itu . mereka kebingungan dimana letak kunci berlian itu berada . akhirnya mereka menemukan titik terang , mereka menemukan buku kuno yang didalamnya berisi peta dimana kunci itu berada . menurut peta itu kunci itu berada di hutan kalimantan . mereka harus menyebrangi laut , naik turun gunung dan masuk keluar hutan untuk sampai ke lokasi itu . disamping itu Perempuan jahat yang jahat nan kejam itu terus mengawasi gerak gerik mereka . Perempuan jahat itu terus menghadang mereka dengan memunculkan monster2 aneh . tapi monster2 itu terus dikalahkan oleh tiga Ksatria itu sampai akhirnya Perempuan jahat dan anak buahnya langsung turun tangan dan menghadapi langsung 3 Ksatria itu . tapi Perempuan jahat beserta anak buahnya itu kalah dan akhirnya 3 Ksatria itu berhasil mendapatkan kunci nya dan langsung pergi ke penjara iblis dan membuka penjara itu dengan kunci berlian.

putri bebas dan pulang bersama sama 3 Ksatria menuju ke istana . raja dan ratu sangat bahagia . dan 3 Ksatria itu dinobatkan menjadi pahlawan kerajaan . dan salah satu dari kesatria itu menikahi Putri Sumberella.

Naskah Drama :

Alkisah , di suatu kerajaan yang bernama kerajaan Garut bangkit Garut berprestasi . hiduplah seorang raja yang bernama raja Abrorah dan ratu nyai roro wetan . mereka mempunyai seorang putri yang bernama putri sumberella .
Di ulang tahun putri sumberella .
Patih                     : yang terhormat raja kerajaan Garut bangkit Garut berprestasi ,

raja yang kita cintai dan kita banggakan yang tidak lain dan tidak bukan dia adalah Raja Abrohah dan yang terhormat Ratu kerajaan kita yang cantik jelita ia adalah ratu nyai roro weta . dalam pesta ulang tahun putri sumberella ini, marilah kita bersama-sama mendoakan sang putri.

Tidak lama setelah itu, datanglah Perempuan jahat yang jahat nan kejam inginmembalaskan dendamnya kepada ratu .
Perempuan jahat: HAHAHA kebahagiaan kalian cukup sampai disini saja !
Ratu                   : kenapa kau datang kesini lagi Perempuan jahat sialan !

Perempuan jahat: setiap yang pergi pasti akan kembali, aku akan membalaskan

dendamku kepada kamu cewek genit !
Ratu                   : Lancang sekali bicaramu Perempuan jahat ! ( menampar

Perempuan jahat )
Raja                   : sudah, sudah istriku . dia hanyalah wanita murahan yang tidak tau

sopan santun.
Perempuan jahat : berani beraninya kau menamparku cewek genit. Sekarang

terimalah pembalasanku HAHAHA . inilah jurus terbaruku HAHAHA

(menculik putri)
Putri                  : Tolong !!! tolong aku ,, ayah ,, ibu :o
Raja                   : anakku !
Ratu                   : Tidaaaakkkk !!! ( pingsan )

Sementara itu, Perempuan jahat yang menculik Putri Sumberella membawanya dan menjebloskan sang putri ke dalam penjara iblis, dimana tidak ada yang bisa keluar dari sana, kecuali dengan syarat…
Perempuan jahat : masuk kau kedalam penjara ini !
Putri                  : tidak Perempuan jahat ! tolong aku,, tolong..!
Patih                  : dia tidak akan bisa keluar dari sini nyonya!
Perempuan jahat : oh tentu saja, dia tidak bisa kecuali dia menemukan kunci penjara

ini HAHAHAHA!
Patih                  : kunci nyonya? Bukankah penjara ini dikutuk sehingga tidak ada

yang bisa keluar apabila sudah masuk?
Perempuan jahat : oo tidakbisa, ada buku kuno di perpustakaan yang berisi kunci

bagaimana membuka penjara ini
Patih                  : oooh begituu
Perempuan jahat : Ooo tentu sajaaa
Nnk & ankbuah   : HAHAHAHA !
Sementara itu di istana kerajaan .
Ratu                   : dimana anak kita kakanda ?
Raja                   : Perempuan jahat itu membawanya pergi , dan mungkin akan

memasukkannya ke dalam penjara iblis !
Ratu                   : apa ?? penjara iblis?! Penjara macam mana itu kakanda?
Raja                   : iya, penjara itu sangat mengerikan, anak kita takkan bisa keluar

dari penjara iblis itu , kecuali seseorang bisa menemukan kuncinya.
Sementara itu penjara iblis .

Putri                  : ayah, ibu tolong aku , aku takut … :’(
patih                  : berisik! kerjamu hanya menangis dan menangis sepanjang hari !

dasar anak manja!
Ksatria 1            : (membawa kayu dari belakang dan kemudian memukul patih)
Patih                  : aaa (pingsan)
Ksatria 2            : putri , kau tidak apa-apa ?
Putri                  : tidak apa-apa bagaimana ? kau tidak lihat aku sedang menangis

seperti ini ?
Ksatria 1            : lalu ? bagaimana caranya agar aku bisa mengeluarkanmu dari sini ?
Ksatria 3            : aaah kalian ini pake basa basi segala, sudahlah biar aku yang atasi

ini, girl’s own this!
Ksatria 3            : putri, apakah kau tau cara agar kami bisa mengeluarkanmu dan

membawamu kembali pulang?
Putri                  : sebenarnya begini, aku diam-diam telah mendengar percakapan

antara Perempuan jahat dan anak buahnya, sepertinya aku

mengenal anak suara anak buah Perempuan jahat itu, itu PATIH!
Ksatria 3            : patih?! Tapi itu tidak mungkin, masa sih?
Putri                  : aku yakin itu patih, sudahlah percaya saja, pergilah ke gudang

buku yang ada di bawah tanah. Carilah buku kuno itu. Didalamnya

terdapat rahasia untuk membuka penjara iblis ini.
Ksatria 3            : ayo kita pergi, kawan! Aku tau harus bagaimana

Di gudang bawah tanah .
Ksatria 1            : dimana ya buku itu ?
Ksatria 3            : ya cari lah, gimana sih !

…. (mencari buku)
Ksatria 2            : ini dia bukunya! . “penjara iblis itu tidak bisa dibuka kecuali kau

bisa menemukan kunci berlian . “
Ksatria 1            : lalu ? dimana letak kunci itu ?
Ksatria 2            : nah, ini dia petanya. “pertama kita harus menaiki gunung guntur,

lalu menyebrangi laut indonesia, dan memasuki hutan kalimantan.

Kunci itu berada di sebuah gua terlarang . lalu katakan pada dora

gunung, laut, hutan kalimantan. apa ini? di setiap lokasi itu

terdapat satu petunjuk .”
Ksatria 3            : ish kau ni, bagai dora saja -___-
Ksatria 1            : eeh, sudah sudah, jangan bertengkar! Ayo kita berangkat!
Ksatria 2            : eh, kita ke istana dulu!
Ksatria 1            : untuk apa?
Ksatria2             : untuk memberi tahu raja agar tidak perlu gelisah, karena kita yang

akan menyelamatkan sang putri
Ksatria 1 & 3       : baiklah kalau begitu ayo berangkat!

Sementara itu, raja sedang berbincang –bincang dengan orang kepercayaannya yaitu patih di aula istana, raja tidak tahu kalau sebenarnya patih itu adalah anak buah si Perempuan jahat.
Raja                   : bagaimana rencana kita sekarang patih ? apa kita harus turun

tangan menghadapi Perempuan jahat itu ?
Patih                  : Hamba tidak tahu paduka raja, tapi bagaimana dengan sang Ratu?
Raja                   : iya, dia sakit keras karena memikirkan putri Sumbrella
Patih                  : hamba turut berduka paduka raja
Raja                   : jadi apa yang harus kita lakukan patih? Haruskah kita pergi ke

istana Perempuan jahat itu?

Tiba-tiba ………….
Ksatria 1            : stop ! tidak perlu raja .
Ksatria 3            : kami yang akan mencari kunci itu, untuk dapat mengeluarkan

putri dari penjara iblis.
Patih                  : siapa kalian ? berani-beraninya kalian masuk kesini!
Raja                   : iya, siapa kalian? apa kalian yakin akan bisa menemukan kunci itu ?
Ksatria 2            : kami adalah 3 ksatria paduka, kami janji , kami akan segera pergi

dan menemukan kunci itu .
Patih                  : tidak mungkin! kalian bukan siapa-siapa . apalagi kau wanita

(menunjuk alviera). mana mungkin kau bisa menemukan kunci itu!
Ksatria 3            : jangan meremehkan saya hanya karena saya wanita tuan patih! -_-

Ksatria 1            : kami yakin, kami bisa. kalau perlu nyawa kami menjadi

taruhannya.
Raja                   : ya, kalau begitu baiklah, kalian harus dapat mengembalikan putri

Sumbrella, kalau tidak, kalian akan dihukum pancung!

Setelah itu, para ksatria keluar dari istana dan melanjutkan perjalanan mereka menuju gunung cikuray.
Menaiki gunung cikuray .

Ksatria 1            : aduh masih jauh ga nih ? aku sudah cape nih .
Ksatria 2            : jangan putus asa kawan . kita belum berumah tangga . eh salah
Ksatria 3            : aah! ayo kita teruskan ! cemen banget sih kalian! -__-
Sementara itu di istana Perempuan jahat .
Patih                  : nyonya , ada 3 anak Ksatria yang ingin menemukan kunci itu .
Perempuan jahat : apa? bagaimana mereka bisa tahu??! dimana mereka sekarang ?!
Patih                  : tanyakan saja kepada layar ajaib .
Perempuan jahat : layar ajaib tunjukanlah dimana 3 Ksatria itu berada ?

……………
Perempuan jahat : dia baru saja sampai di gunung cikuray. oke, saya harus

menghadangnya. monster panon! keluarlah dan hadang mereka !

masih gunung cikuray, sang Perempuan jahat mengeluarkan

monsternya, JRENG JRENG JRENG!!
Monster 1           : hahaha
Ksatria 1            : astagfirullohaladzim . apa itu ?
Ksatria 2            : sepertinya itu adalah monster
Ksatria 3            : tentu saja itu monster bukan badut -__-
Ksatria 1            : ayo lawan, hiaaaaat!!!!!!
Akhirnya monster 1 kalah …………
Ksatria 2            : itu dia …
Ksatria 1            : apa ?
Ksatria 2            : peti kunci sepertinya, ayo buka!
Ksatria 1            : apa?! Coba lagi?! (sambil membuka peti)
Ksatria 3            : itu bukan ale-ale kan ?
Ksatria 1            : engga ko ? ini bener peti .
Ksatria 3            : yah, ga asik banget sih isinya!
Ksatria 2            : ayo kita lanjutkan . ke laut Indonesia

Di istana perempuan jahat .
Patih                  : nyonya , ada kabar penting .
Perempuan jahat : kabar penting apa? kau mengagetkanku saja!
Patih                  : Monster panon sudah kalah. bagaimana rencana kita selanjutnya?
Perempuan jahat : tenang saja kau. aku punya monster panon 2. ahahaha
Perempuan jahat : layar ajaib. tunjukanlah dimana para kesatria itu berada! Monster

panon , keluarlah dan hadang mereka !

Sementara itu Di laut Indonesia.
Ksatria 1            : (bernyanyi) (bubuy bulan)
Ksatria 3            : lagu apa itu? kampungan! ini nih lagu yang keren (menyetel lagu

smash, sambil berjoged)

………………………..
Ksatria 2            : stop! kita sudah sampai.
Monster2              : AHHAHAHAHA !
Ksatria 1            : astagfirulloh. apa lagi itu?
Ksatria 2            : kiriman lagi dari Perempuan jahat
Ksatria 3            : 1,2,3 lawan …

Monster ke 2 pun kalah…………..
Ksatria 2            : itu dia ! (menemukan petunjuk ke 2)
Ksatria 1            : semoga bukan coba lagi. apa? anda belum beruntung
Ksatria 3            : aku yakin ini pasti ale-ale -____-
Ksatria 2            : ayo lanjutkan lagi, jangan menyerah!

Di istana Perempuan jahat .
Perempuan jahat : layar ajaib ,sekarang tunjukanlah dimana 3 Ksatria berada! apa?

monster 2 juga sudah kalah! sekarang aku yang langsung turun

tangan!

…………………..

Di hutan kalimantan.
Ksatria 2            : itu dia peti harta karun yang asli.

Datang Perempuan jahat..

Perempuan jahat : tidak semudah itu! langkahi dulu mayatku ! HAHAHA
Ksatria 1            : ayo lawan …. hiattt…
Patih                  : apa apaan ini?! Nyonya?! Kalian apakan dia?!
Ksatria 3            : sudahlah kau, dia pantas begini, dan kau selanjutnya!
Patih                  : oo tiakbisaa
Ksatria 1            : ayo lawaan!

Perempuan jahat dan patih pun kalah dan para Ksatria mendapatkan kunci itu .
Putri                  : para Ksatria cepatlah datang .
Ksatria (all)        : Putri !!!
Putri                  : apa kalian berhasil mendapatkan kunci itu ?
Ksatria 1            : ya udah lah, mana mungkin kita tak bisa. kita kan para kesatria

yang tangguh and gaul getoh !
Putri                  : kalau begitu cepat buka .
Ksatria 1 membuka penjara iblis dengan kunci itu.
Putri                  : terimakasih kalian telah menyelamatkanku.
Ksatria1             : ayo cepat pulang putri, orang tuamu pasti mencemaskanmu !

………
Di istana kerajaan ..
Putri                  : ayah!
Raja                   : anakku . kau sudah kembali !!!
Putri                  : iya ayah ,, mana ibu ??
Raja                   : sebenarnya…………

ibumu sudah meninggal dua hari yang lalu.
Putri                  : tidaaaakkk !!! ibuuuu !!!
Ksatria 1            : sudahlah. biarkan ibumu tenang di alam sana.
Putri                  : kau tidak mengerti, ibuuu!!!!
Raja                   : sudahlah anakku, besok kita pergi ke tempat peristirahatan

terakhir ibumu

………………………..

Sang putri dan keluarga kerajaan pun pergi ke makam ratu nyai roro wetan.
Putri                  : bisakah ayah meninggalkanku sendiri saja disini, kumohon
Raja                   : baiklah kalau itu maumu, tapi jangan terlalu lama
Putri                  : (berbicara pada batu nisan) ibu, kenapa ibu meninggalkan aku? Ibu

jangan mati huuuhuuuuuu
Putri                  : ibu, sebenarnya aku mempunyai rasa kepada salah satu ksatria itu,

tapi aku takut ibu, ah andai ibu disini, ibu pasti mengerti, ibu pasti

tau aku harus bagaimana
Raja                   : kau sudah selesai anakku?
Putri                  : iya ayah, ayah…

Bagaimana kalau aku menikah dengan kalangan bukan bangsawan?
Raja                   : kau ingin menikah dengan siapa anakku?
Putri                  : aku ingin menikah dengan ssssduaygasyiu(berbisik kepada raja)
Raja                   : baiklah, akan ayah pikirkan

Sang putri dan keluarga kerajaan pun kembali ke istana, dan kemudian sang raja memberi pengumuman kepada ksatria tersebut.
Raja                   : terimakasih pada kalian 3 ksatria yang pemberani yang telah

menyelamatkan sang putri, atas itu, aku akan memberikan hadiah

pada kalian. atas keberanian ksatria 3, aku berikan pedang titanium

ini sebagai lambang keberanian, untuk ksatria 2, aku berikan buku

ini sebagai lambang atas pengetahuan tak terbatas yang dimilikimu,

dan untuk ksatria 1, kau akan aku nikahkan dengan putriku
Ksatria1             : apa?! Tuan raja tidak bercanda kan?
Raja                   : tentu saja tidak, kau tidak mau?
Ksatria 1            : bukan begitu, baginda, justru hamba akan melamar putri, tapi saya

takut tidak diterima oleh baginda sebagai besan, dan sang putri

tidak mungkin mencintai hamba .
Putri                  : tidak begitu, aku mencintaimu ksatria
Ksatria 1            : putri,apakah itu benar? Maukah kau menikah denganku?

(menyodorkan cincin)
Putri                  : tentu saja aku bersedia

Sang putri pun menerima lamaran sang Ksatria 1, dan beberapa hari kemudian mereka menikah dan akhirnya hidup bahagia selamanya.

————————————THE END————————————–

About these ads

Responses

  1. FF apa om? aku ga bisa bikin FF :p


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: